Prinsip Dasar Desain (unity & balance)

 1. KESATUAN (UNITY)

Prinsip pertama adalah kesatuan, yang memiliki arti sebagai salah satu prinsip dasar desain grafis yang sangat penting.

Apabila tidak adanya kesatuan dalam sebuah karya desain akan terlihat kacau dan tidak sedap dipandang. Prinsip dari kesatuan dalam komposisi adalah semua bagian bentuk harus saling meniliki keterkaitan.

Keterkitan bisa diciptakan dari sebuah bentuk lainnya yang saling menghubungkan seluruh bentuk tersebut atau disebut dengan prinsip hibungan.

Kesatuan membantu membuat elemen² pada sebuah objek saling berdekatan, sehingga mereka akan terlihat bersatu/milik bersama.

Contoh :



2. KESEIMBANGAN (BALANCE)

Keseimbangan secara visual diartikan sebagai suatu kondisi yang sama, baik itu secara horizontal (kanan-kiri) maupun vertikal (atas-bawah.)

Unsur keseimbangan desain meliputi bentuk, tekstur, nilai, ukuran, dan warna. Keseimbangan dalam sebuah desain, dibuat agar orang yang dapat dengan nyaman melihatnya.

Keseimbangan terbagi menjadi dua macam, yaitu keseimbangan simetris dan keseimbangan asimetris.

• keseimbangan simetris (formal balance) susunan elemen yang meratakan sisi pusat atas bawah atau dari kiri ke kanan.
Keseimbangan ini sifatnya sederhana dan formal.

• keseimbangan asimetris (informal balance) pengaturan berbeda dengan berat yang sama dari komposisinya pada setiap sisi halaman. 
Keseimbangan asimetris biasanya banyak digunakan untuk desain kontemporer atau desain modern.

Contoh :

Keseimbangan asimetris ;


Keseimbangan simetris ;











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Program dasar pengertian sketsa, dan jenis teknik penggambaran

PENILAIAN PRAKTIK PERINTAH DASAR LINUX